Senin, 01 Oktober 2012

Membuat Nasi Rawon



Pendahuluan : Nasi rawon, saya ingin menuliskan tentang pembuatan nasi rawon dan sedikit sejarah tentang nasi rawon. karena saya sendiri berasal dari jawa timur, tepatnya di kota Lumajang.


Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (seperti Surabaya), dikenal pula oleh masyarakatJawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).
Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuranbawang merahbawang putihlengkuas (laos), ketumbarseraikunirlombokkluwekgaram, serta minyak nabati. Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.
Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawangkerupuk, dan sambal.


Bahan untuk Membuat Nasi Rawon
- 600 gram daging sapi untuk rawon/sandung lamur
- 2 liter air
- 2 lembar daun salam
- 3 batang serai, memarkan
- 3 cm lengkuas, memarkan
- 5 lembar daun jeruk
- 3 sdm minyak untuk menumis

Haluskan
- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 4 buah cabai merah
- 2 butir kemiri
- 1 sdt ketumbar
- 4 buah keluwak tua, kukus, ambil isinya
- 2 cm jahe
- 2 cm kunyit
- 1 sdt terasi matang
- 2 sdt garam
- 2 tangkai daun bawang, potong-potong
- 100 gram tauge pendek (tauge soto)
- 2 butir telur asin

Cara membuat
- masak daging bersama daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk sampai empuk dan matang. Angkat  daging, lalu potong kecil-kecil. Saring rebusan, didihkan lagi bersama irisan daging.
- panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama irisan daun bawang sampai harum dan matang. Angkat, lalu masukkan ke dalam kaldu daging. Masak dengan api kecil sampai mendidih kembali.
- tuang rawon kedalam mangkuk, taburkan tauge pendek di atasnya. Sajikan bersama telur asin dan sambal terasi dan Nasi Putih.

Untuk 4 orang

Saran:  untuk memasak nasi rawon, adalah cari tekstur daging yang lembut, dan memasaknnya jangan terlalu matang, sehingga jangan terlalu empuk, karena menambah kenikmatan untuk Nasi Rawon itu sendiri

0 komentar:

Posting Komentar