Jumat, 05 Oktober 2012

Sikap Generasi Muda untuk melestarikan Bahasa Indonesia




Sesuai dengan tema yang ingin saya tuliskan saat ini, Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi.

Saat ini Bahasa Indonesia masih di pakai di dalam bahasa sehari-hari, tetapi sudah banyak modifikasi dalam bicara sehari-hari, maksud modifikasi, yaitu perubahan cara pengucapan, misalnya: Bahasa Indonesia “ AKU “ saat ini menjadi bahasa yang saya sendiri tidak tahu darimana asal bahasa itu yaitu “GUE”.  Sangat dimaklumi, bahwa bahasa-bahasa saat ini sudah terbiasa atau juga sudah menjadi maklum, karena hampir setiap hari berbicara dengan teman memakai bahasa saat ini, bukan Bahasa Indonesia yang baku.

Saat ini saya sendiri sangat memakluminya, karena sangat sulit untuk mengubah bahasa yang kita pakai sehari-hari, diubah menjadi Bahasa Indonesia yang sangat formal, saya sebut sangat formal, karena Bahasa Indonesia sekarang bisa jadi hanya dipakai saat rapat atau saat-saat berkumpul di lingkungan, atau juga, saat generasi muda berbicara dengan orang yang lebih tua. Dan tidak memungkiri, kalau saja orang yang sudah tua juga memakai bahasa anak muda di jaman ini, karena teman-temannya di kantor atau PT juga masih ingin di sebut sebagai Jiwa muda.

Menurut saya cara generasi muda saat ini untuk melestarikan Bahasa Indonesia adalah dengan cara, sedikit- sedikit harus memulai mengucapkan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, karena jika tidak memulai saat ini, pasti akan terlambat, dan pastinya akan lebih lama lagi memahami pengucapan-pengucapan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Satu lagi cara untuk melestarikan Bahasa Indonesia, cukup dengan mencintai Bahaasa Indonesia, dan mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari.


0 komentar:

Posting Komentar