Minggu, 07 Oktober 2012

Prinsip Usability



Prinsip usability adalah prinsip penggunaan dari sebuah sisitem oleh sisitem lain yang lebih kompleks

Sebenarnya apa hubungannya prinsip usability ini dengan Intraksi Manusia & komputer? Akan coba saya bahas sedikit tentang hal tersebut.

Prinsip usability terbagi atas 6 macam (yang saya ketahui):

1. Human Abilities
2. Human Capabilities
3. Memory
4. Proses
5. Obsevations
6. Problem Solving

Saya akan mencoba memberitahukan lebih luas macam proses usability tersebut:

1. HUMAN ABILITIES

> Baik

- Kapasitas Long Term memory (LTM) yang tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan kompleks
- Kemampuan yang memahami yang tinggi
- Mekanisme konsentrasinya poerfull
- Pengenalan power pikir powerfull


> Buruk

- Kapasitas Short Term Memory (STM)
- Durasi STM yang terbatas
- Akses yang tidak dapat di andalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat

2. HUMAN CAPABILITIES

Faktor manusia ini harus diperhatikan, karna dari sinilah desain yang lebih baik di dapat.

Hal - hal yang perlu di perhatikan oleh user dalam merancang:

1. panca Indra (mata, telinga, peraba)
2. Proses Informasi
3. Sistem Motor

> Penglihatan 

Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:

- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebutr

>  Pendengaran

- sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
- dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah

>  Perraba

- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:

* Thermocheptor: merespon panas / dingin.
* Nocicheptor: merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor :Merespon pada tekanan IMK

-Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi bentuk tombol, juga pengoprasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.

> Proses Informasi

Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama:

a. perseptual - menangani sensor dari luar 
- sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia
- diproses untuk di teruskan ke otak (memory)

b. kognitif: memproses hubungan keduanya

c. seitem motor: memngontrol aksi/respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)

3. MEMORY
- memory menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural

4. OBSERVASI
- orang lebih fokus menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
- orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.
- orang lebih kepada heuristic dari pada alghoritmic.

5. PROBLEM SOLVING
- setelah menyimpan di LTM, kemudian di aplikasikan 
- penalaran (reasoning): proses pemgambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan peng-etahuan yang dimiliki manusia. 

0 komentar:

Posting Komentar